6 Aspek Penting Tumbuh Kembang Anak

Tahukah Anda ada banyak aspek tumbuh kembang anak? Jika salah satu aspek terhambat perkembangannya, maka perkembangan kelima aspek lainnya juga akan terhambat. Pola asuhdan peran orang tua sangat penting dalam hal ini. Dukungan dan kepedulian orang tua menjadi dasar untuk mengoptimalkan perkembangan. Berikut ini aspek-aspeknya.

  • Aspek Motorik Kasar

Kemampuan anak untuk mengontrol gerakan tubuh yang mencakup gerakan otot besar disebut aspek motorik kasar. Motorik kasar yang berkembang dapat dilihat dari kemampuan anak untuk merangkak, berjalan, berlari, melompat, memanjat, berguling, berenang dan sebagainya.

  • Aspek Motorik Halus

Aspek ini yaitu kemampuan anak untuk mengontrol keluwesan jemari tangan yang dapat dilihat dari kemampuan untuk menyentuh, menjumput, meraih, mencoret, melipat, memasukan benda atau makanan ke dalam mulut dan sebagainya.

  • Aspek Kognitif

Kemampuan anak berikutnya yaitu untuk memproses, menginterpretasikan dan mengkategorikan informasi yang diperolehnya melalui panca indera. Kemampuan berpikir dan bernalar juga harus Anda kembangkan pada anak. Aspek ini selanjutnya berkembang menjadi kemampuan berpikir logis yang selanjutnya menentukan apakah anak mampu memahami lingkungannya.

  • Kemampuan Bahasa

Sebagai mahluk sosial, sejak bayi anak telah dapat berkomunikasi misalnya untuk menyatakan perasaan dan keinginannya, yaitu dengan tangisan, tertawa dan mengoceh yang merupakan awal dari perkembangan bahasa. Tahap berikutnya anak akan belajar untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa.

Agar bisa berkomunikasi, menyampaikan kemauan serta alatnya berekspresi, maka aspek bahasa tidak bisa Anda kesampingkan. Bahasa membantu anak bisa mengembangkan perspektif hingga mengeksplor dunianya lebih luas.

Kemampuan bahasa selain membantu anak untuk memahami apa yang dikatakan orang-orang di sekitarnya, juga untuk dapat dipahami oleh orang lain. Perasaan mampu memahami dan dipahami dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

  • Aspek Emosi

Emosi yaitu kemampuan anak untuk mengenali berbagai hal yang dirasakannya, mengekspresikan perasaan dalam bentuk yang dapat diterima oleh lingkungannya, serta kemampuan untuk mengendalikan dan mengatasi perasaannya. Manajemen emosi perlu bagi anak.

Saat si kecil akan tumbuh dewasa dan bekal hidup untuk menghadapi dunia salah satunya adalah bisa mengelola emosi dengan baik. Emosi anak tidak terjadi dengan sendirinya tapi secara bertahap dan sangat membutuhkan peran serta orang tua dan lingkungan sosial.

  • Aspek Sosial

Aspek sosial yaitu kemampuan anak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya, memberi respon pada orang lain dan berbagi. Pengalaman sosial pada anak hanya dapat tumbuh dan berkembang dari pengalamannya dengan orang-orang terdekat.

Anak perlu mengenal lingkungannya, orang-orang di sekitarnya, hingga mengetahui pentingnya hidup berdampingan. Pola asuh dan pengarahan orang tua berperan aktif dalam perkembangan aspek sosial anak. Maka, aspek sosial juga perlu Anda perhatikan, agar anak bisa tumbuh dan bersosialisasi dengan baik.

  • Aspek Kesehatan

Aspek yang tak kalah pentingnya yaitu aspek fisik atau kesehatan. Anda harus memperhatikan juga kesehatan serta kebugaran anak. Nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak dari usia balita hingga kanak-kanak harus terpenuhi.

Asupan vitamin, protein, mineral dan probiotik harus seimbang satu sama lain. Hal ini juga berkaitan dengan aktivitasnya yang mendukung pertumbuhan serta perkembangan organ si kecil. Sehingga kesehatan harus diperhatikan mulai bayi hingga menginjak usia sekolah.

Untuk mendukung tumbuh kembang anak, bantu perkuat tubuhnya dari dalam dengan rutin memberikan Frisio Gold 4 yang diperkaya ALA & LA, Prebiotik & Probiotik, serta Nukleotida, Vitamin A, C, E, Zinc, dan Selenium. Pastikan anak mendapatkan asupan nutrisi seimbang, aktivitas gerak yang cukup, serta berat badan ideal.

Leave a Reply