Ini Dia 4 Ciri-ciri Helm Motor yang Bagus dan Layak untuk Dipilih

Memiliki helm motor tentu menjadi kebutuhan sekaligus kewajiban bagi pemilik sepeda motor, tidak peduli merek maupun tipenya. Sebab perangkat bernama helm ini merupakan peralatan perlindungan selama melintasi jalan raya memakai sepeda motor. Ketika Anda tidak memakainya saat bepergian maka resiko mengalami kondisi fatal saat terjadi kecelakaan akan semakin besar. Sementara itu ada pula kemungkinan akan terkena tilang dari petugas lalu lintas, maka berikan perlindungan diri dengan memakainya.

helm

Membeli helm tentu menjadi kebutuhan dan melirik jumlah pemilik dan pengguna sepeda motor yang semakin banyak. Sudah tentu penjual helm ini pun bertambah banyak pula, bahkan tidak sedikit yang membangun toko online supaya bisa menjualnya secara online. Beberapa tidak hanya menjual helm baru namun juga helm bekas yang tentunya punya harga lebih murah. Menentukan pilihan tentu perlu tahu bagaimana mengetahui helm yang bagus seperti apa, supaya tidak kecewa dan menyesal ke depannya.

Ciri-ciri Helm yang Bagus

Bagi siapa saja yang memakai sepeda motor untuk berkendara maka wajib sekali menyediakan helm di rumah supaya bisa dipakai ketika dibutuhkan. Jenis helm di pasaran sangat banyak ada yang full face ada pula yang half face sehingga terbuka di ujung bawahnya. Memahami ciri-ciri helm yang bagus seperti apa sudah tentu akan sangat membantu untuk mendapatkan helm yang bagus sehingga nyaman dan awet. Tidak hanya dipengaruhi oleh harga, helm yang ideal dimiliki baiknya punya ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Bagian dalam halus dan empuk,

Memilih helm motor yang bagus dan berkualitas tentu tidak cukup hanya melirik desain fisiknya seperti apa. Ketika Anda menentukan pilihan hanya melihat fisik maka kemungkinan salah pilih sangat besar. Usahakan mencari helm yang bagian dalamnya bagus, dan karakter bagian dalaman yang bagus ditunjukkan oleh kualitas bahan yang digunakan. Pastikan terbilang halus ketika dipegang dan empuk supaya tidak menyakiti kepala setiap digunakan.

  1. Memiliki label SNI di bagian belakang,

Kini pengguna helm wajib sekali memakai yang sudah sesuai standar dan ditunjukkan dengan adanya label SNI di bagian belakang. Label ini bisa berupa sticker namun kebanyakan produsen helm membuatnya nampak seperti stempel. Sehingga tidak akan luntur untuk memudahkan petugas lalu lintas mengetahui bahwa helm yang digunakan sudah sesuai standar yang berlaku. Kalau berupa label tentu mudah hilang, dan bisa jadi malah dianggap tidak sesuai standar sehingga kena tilang.

  1. Terdapat kaca pelindung,

Kalau diperhatikan semua helm memiliki kaca dan memang wajib dimiliki karena kalau tidak otomatis perlindungan yang diberikan tidak maksimal. Beberapa model helm tampak sengaja tidak dilengkapi dengan kaca sehingga terlihat unik hanya saja menjadi tidak sesuai SNI. Usahakan memilih yang ada kacanya dan akan lebih baik jika kaca ini terdiri dari dua lapisan, supaya perlindungan pada mata dan muka lebih maksimal.

  1. Bagian luar keras dan bagian dalam wajib tebal,

Material helm memang baiknya yang berkualitas, namun tidak semua material berkualitas dimiliki oleh produk bermerek dan mahal. Beberapa helm murah pun diketahui menggunakan material pilihan untuk menunjang keamanan dan kenyamanan penggunanya. Intinya bagian luar helm wajib keras supaya tahan terhadap benturan sementara bagian dalam tidak hanya empuk namun juga tebal. Percuma kalau empuk namun tipis maka helm motor tersebut tidak memberi bantalan pelindung yang sempurna pada kepala.

 

Leave a Comment