Sedang Bangun Rumah? Inilah Standar Desain Rumah yang Baik!

Begitu banyak dari Anda yang mungkin ingin, atau tengah melakukan pekerjaan pembangunan rumah, dan tidak tahu menahu perihal standar desain rumah yang baik.

Tips Membangun Rumah Minimalis dengan Biaya yang Murah

Rumah, yang bertugas untuk melindungi Anda dan keluarga dari panasnya terik matahari atau dinginnya air hujan ketika membasahi bumi, haruslah memenuhi beberapa standar desain rumah agar kenyamanan hidup Anda di dalamnya dapat terjamin.

Dari begitu menjamurnya model rumah minimalis di kalangan masyarakat Indonesia, beberapa hal tetap tidak boleh terlupakan dalam pembangunannya. Meski desain rumah kebanyakan adalah masalah selera, dan dapat bervariasi antarpribadi, namun secara umum standar desain rumah yang baik dapat diklasifikasi menurut kualitas beberapa aspek yang dihrapkan tersedia dengan baik saat merencanakan, membangun, menghuni, merenovasi, sampai membongkarnya kembali. Berikut adalah beberapa standar kualitas yang perlu diperhatikan dalam membuat desain rumah impian Anda.

  • Keselamatan

Hal paling pertama yang harus Anda perhatikan ketika akan membangun ataug membeli rumah baru untuk keluarga Anda adalah faktor keamanan. Tidak peduli desain yang cantik dan trendy, apabila faktor keselamatan tidak dipikirkan dengan hati-hati, tentu estetika bukanlah apa-apa. Untuk itu, desain rumah yang baik tidak hanya beerarti indah dipandang mata, namun juga memperhatikan keselamatan dalam desainnya.

Selalu camkan dalam diri Anda bahwa rumah yang baik itu bukan semata-mata rumah berukuran besar saja, tapi juga rumah yang memiliki tingkat keselamatan yang tinggi.

  • Kesehatan

Rumah juga perlu didesain untuk memenuhi aspek kesehatan di dalam rumah. beberapa bagian rumah dapat Anda desain dengan sedemikian rupa untuk dapat mendukung menjaga kesehatan keluarga Anda. Misalnya penempatan jendela dan ventilasi yang tepat agar sirkulasi udara segar dapat berjalan dengan lancar, sinar matahari pagi yang menyehatkan juga dapat masuk ke dalam rumah. Hal ini dinilai dapat membuat rumah menjadi tidak lembab sehingga tidak akan menjadi tempat berkembang biak para kuman. Selain itu, sinar matahari yang dapat masuk ke dalam rumah juga bisa membantu menurunkan biaya listrik bulanan karena pencahayaan di rumah Anda sudah terbantu dari sinar matahari sehingga penggunaan lampu dapat ditekan secara signifikan.

  • Kenyamanan

Untuk faktor kenyamanan, Anda dapat memenuhi faktor ini dengan menggunakan cat-cat dinding dengan warna-warna lembut dan netral sehingga dapat menimbulkan kesan nyaman dan tenang di rumah Anda. Selain itu, Anda juga dapat melengkapi dinding Anda dengan peredam suara sehingga kebisingan dari luar tidak dapat mengganggu aktivitas Anda di dalam rumah.

Untuk menambah kenyamanan, Anda juga dapat menggunakan perangkat AC di dalam ruangan apabila ruangan Anda terasa begitu panas sehingga udara di dalam rumah dapat langsung menjadi sejuk.

  • Keamanan

Selanjutnya adalah faktor keamanan. Lengkapi rumah Anda dengan pagar untuk menambah upaya proteksi Anda terhadap keluarga. Pagar akan mencegah adanya orang jahat yang ingin memasuki rumah Anda, dan juga dapat melindungi anak-anak Anda untuk keluar rumah di luar sepengetahuan Anda dan memasuki area jalan raya, yangĀ  dapat membahayakan keselamatan mereka.

  • Keindahan

Untuk unsur keindahan, Anda bisa mencari berbagai inspirasi model rumah minimalis di majalah dan di internet. Anda juga bisa berkonsultasi dengan kontraktor, atau arsitek untuk membangun rumah impian Anda.

  • Keawetan

Rumah yang baik tidak boleh hanya sekadar indah, tapi juga harus awet. Anda akan menghabiskan bertahun-tahun dari umur Anda hidup di sebuah rumah, dan untuk itu, Anda tentu tidak ingin menghabiskan banyak waktu (dan juga uang) untuk berpindah-pindah dari satu rumah ke rumah lainnya. Apalagi jika dikarenakan kondisi rumah lama yang mengalami banyak kerusakan sehingga tidak memungkinkan untuk langsung dijual tanpa melakukan banyak renovasi dan perbaikan sebelumnya.

Nah, itulah 6 standar yang harus Anda penuhi ketika mendesain rumah untuk keluarga! Selalu pastikan Anda memperhatikan hal-hal tersebut ketika akan membangun rumah, ya.

 

Leave a Comment