Tips Ampuh Menghindari Razia Polisi di Jalan Raya

Tips Ampuh Menghindari Razia Polisi di Jalan Raya , Tips Ampuh Menghindari Razia Polisi di Jalan Raya

Mungkin anda sudah tidak kenal lagi dengan situasi dimana banyak polisi di jalan raya dengan melambaikan tangan memberikan isyarat untuk berhenti dan mencek kelengkapan surat – surat kendaraan, situasi tersebut sering kita sebut dengan razia. Pada dasarnya razia sangat amat penting sekali karena adanya peraturan berkendara dimana orang yang mengendarai kendaraanya harus memiliki surat – surat lengkap kendaraan tersebut.
Tips Ampuh Menghindari Razia Polisi di Jalan Raya
Selain itu razia juga membantu polisi mennagkap atau mengidentifikasi motor yang dicuri oleh maling, demi hal tersebut mereka berpanas – panasan dan tentunya memberikan nasihat yang baik kepada para pengendara yang memang tidak mematuhi peraturan berkedara di lalu lintas jalan raya. Namun ada beberapa orang yang memang sering kesal karena adanya razia tersebut, salah satu alasan mereka kesal adalah tidak lengkapnya surat kendaraan mereka. Oleh karena itu di bawah ini ada beberapa tips cara menghindari razia polisi.

1. Tahu Tempat Razia
Untuk pertama anda harus tahu letak dimana polisi biasanya menggelar razian, bagi anda yang tinggal di kota – kota besar mungkin sudah tahu kondisi jalan mana yang sering di jadikan tempat razian bagi polisi. Biasanya polisi sering melakukan raziaan di jalan satu arah, setelah tikungan atau bisa juga setela lampu merah. Karena pada dasarnya tidak semua jalan bisa dijadikan razian oleh polisi ada beberap jalan tertentu yang bisa di jadikan gelaran razia.
2. Masuk ke Gang
Ini adalah kelanjutan dari poin pertama, ketika benar bahwa di jalan yang sudah anda duga sedang ada patroli razia oleh polisi, solsui untui melewati hal tersebut adalah dengan masuk ke jalan aternatif, biasanya jalan tersebut gang atau memang ada jalan kecil. Jika anda sudah hapal jalan kecil untuk melewati jalan besar yang selalu di jaga polisi, anda secara tidak langusng sudah menghemat bahan bakar, dan juga hemat waktu. Mengetahui jalan – jalan kecil pun mungkin sudah menjadi kewajiban bagi anda yang sudah tinggal di kota – kota besar.
3. Tetap Fokus Kedepan
Jika poin satu dan ke dua mempunyai situasi dimana razia tersebut memang sering terjadi di daerah anda, namun bagaimanakah mengetahui adanya razia di jalan yang baru atau belum pernah anda lalui sebelumnya. Satu – satunya caranya adalah dengan tetap fokus kedepan terutama di melihat atau menatap jalan cukup jauh. Selain itu ada juga beberapa ciri jika sedang ada razia, pertama biasanya akan ada kegaduhan atau banyak kendaraan yang puter balik terutama motor. Selain itu ada juga beberapa polisi yang berdiri dipinggir jalan walaupun di sana tidak ada traffic light.
4. Pengalihan
Dan jika anda mengetahui dijalan memang sedang ada razia mau tidak mau anda harus berhenti atau juga anda bisa masuk ke toko atau warung – warung terdekat dengan razia tersebut, sekedar membeli air atau makanan bisa menjadi sebuah pengalihan yang cukup efektif bagi polisi yang sedang melakukan razia. Tunggu sampai razia selesai sambil makan dan muinum bisa juga berbicang – bincang dengan beberapa pembeli disana, karena tidak jarang ada juga orang lain yang akan mengunjungi warung terdekat dari razia.

5. Membawa Kamera
Untuk tips yang satu ini mungkin baru – baru banyak orang yang menggunakannya, di zaman sekarang internet adalah salah satu hal yang sangat penting berita secara cepat bisa hadir di internet dan tentunya bisa dibaca oleh siapa saja. Sedangkan berita sendiri atau sebuah kejadian bisa di ambil oleh seseorang baik itu di tulis atau di rekam. Melihat hal tersebut polisi juga terkadang akan sedikit berhati – hati ketika memberhentikan seorang pengendara sepeda motor atau mobil yang membawa kamera, karena mereka takut bisa saja si pengemdi tersebut mengupload video ketika di tilang ke internet yang dimana bisa di lihat orang siapa saja.

Demikian tadi beberapa tips bagaimana cara terhindar dari razia polisi yang terkadang membuat kita kesal, namun peraturan tetap peraturan, tips – tips diatas akan menjadi tidak berguna ketika anda mempunyai surat – surat kendaraan lengkap dari SIM sampai STNK. Namun bagi anda yang belum punya atau memang tidak di bawa, mungkin mau tidak mau bisa menggunakan cara diatas tadi. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

Leave a Comment